Senin, 25 Juni 2012 - , 0 komentar

OOAD


OOAD adalah Metode pengembangan sistem yang lebih menekankan pada objek dibandingkan dengan data atau proses. 

OOAD terbagi menjadi 2 yaitu : OOA dan OOD

OOA  adalah Metode analisis yang memeriksa requirement (syarat/keperluan  yang harus dipenuhi sebuah sistem) dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek yang ditemui dalam ruang lingkup perusahaan.

Tahapan OOA :
1.Menganalisis masalah   
2.Menjelaskan proses yang terjadi dalam sistem 
3.Identifikasi obyek
4.Menentukan atribut 
5.Mendefinisikan operasi

OOD adalah Sebuah metode mendesain yang mencakup proses pendekomposisisan objek dan digambarkan dalam notasi sehingga bisa menggambarkan static (class diagram) dan dynamic(statechart diagram) model sistem.

OOD memungkinkan software engineer untuk mengetahui object-object yang dihasilkan oleh tiap class dan hubungan antar object. Selain itu, OOD menggambarkan bagaimana hubungan antar object bisa dilakukan, bagaimana behavior dari object diimplementasikan dan bagaimana komunikasi antar object diimplementasikan.
 
Konsep dasar OOAD :
1. Objek (Object) adalah benda yang secara fisik dan konseptual yang ada disekitar kita.
2. Kelas (Class) adalah definisi umum dari himpunan objek yang sejenis. Kelas menetapkan spesifikasi perilaku(behaviour) dan atribut-atribut dari objek tersebut. Class adalah abstraksi dari entitas dunia nyata.
3. Kotak hitam (black Box) adalah dasar dari implementasi objek. Dalam operasi OO, hanya para developer yang dapat memahami detail dari proses-proses yang ada dalam kotak hitam, sedangkan para user tidak mengetahui.
4. Asosiasi dan Agregasi
Asosiasi adalah hubungan yang mempunyai makna antara sejumlah objek. Asosiasi digambarkan dengan sebuah garis penghubung di antara objeknya. Agregasi adalah bentuk khusus sebuah asosiasi yang menggambarkan seluruh bagian pada suatu objek merupakan bagian dari objek yang lain.
5. Pewarisan (Inheritance)
Pewarisan adalah suatu cara kerja yang menyatakan kesamaan diantara kelas-kelas, penyederhanaan definisi kelas yang mirip ke suatu definisi yang
telah ada sebelumnya. Pewarisan terdiri dari generalisasi dan spesialisasi.

berikut ini adalah contoh kasus OOAD pada perpustakaan :
1. usecase diagram sistem informasi perpustakaan

2. class diagram sistem informasi perpustakaan

3. statechart diagram sistem informasi perpustakaan



 
Pemodelan OOAD dengan JAVA (NetBeans IDE 6.9.1)
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang dibuat berdasarkan kemampuan-kemampuan terbaik bahasa pemrograman objek sebelumnya (C++, Ada, Simula).
Contoh  Asosiasi dengan JAVA
Berikut ini adalah penerapaan asosiasi pada JAVA, yaitu hubungan antara anggota dengan buku, yaitu hubungan asosiasi one to many.
Kelas yang dibutuhkan antara lain :
1.              Kelas Anggota
2.              Kelas Buku
3.              Kelas Pinjam
Berikut ini adalah source code dari masing-masing kelas:
1.              Kelas Anggota
package pinjambuku;

public class anggota {
private String KdAnggota;
protected String[] KodeBuku=new String[2];
protected String[] JudulBuku=new String[2];
private int jmlBuku=0;

public anggota(String kode){
    this.KdAnggota=kode;
}

public void setKdAnggota (String KdAnggota) {
    this.KdAnggota = KdAnggota;
}

public void setKodeBuku (String KdBuku) {
    KodeBuku[jmlBuku]=KdBuku;
    jmlBuku++;
}

public void setJudulBuku (String JdlBuku) {
    KodeBuku[jmlBuku]=JdlBuku;
    jmlBuku++;
}

public int getJmlBuku () {
    return this.jmlBuku;
}

public String getKdAnggota () {
    return this.KdAnggota;
}

public void daftarBuku() {
    System.out.println("Kode Anggota : " +KdAnggota);
    System.out.println("Daftar Buku Yang Dipinjam : ");
        for (int i=0;i<jmlBuku;i++){
                                System.out.println(KodeBuku[i]);
                }

}

}


2.              Kelas Buku
package pinjambuku;

public class buku {

    private String KdBuku;
    private String JdlBuku;

    public buku (String KdBuku , String JdlBuku){
        this.KdBuku=KdBuku;
        this.JdlBuku=JdlBuku;
    }
    public void setKdBuku (String KdBuku){
        this.KdBuku=KdBuku;
    }
   
    public void setJdlBuku (String JdlBuku){
        this.JdlBuku=JdlBuku;
    }

    public String getKdBuku() {
                return this.KdBuku;
    }

    public String getJdlBuku() {
                return this.JdlBuku;
    }
}


3.              Kelas Pinjam
package pinjambuku;


public class pinjam {

 
    public static void main(String[] args) {


            buku buku1 = new buku("B001","Pengantar Teknologi Informasi");
            buku buku2 = new buku("B005","Pemrograman Berorientasi Objek");

            anggota anggota1 = new anggota("2009-51-100");

            anggota1.setKodeBuku(buku1.getKdBuku());
            anggota1.setKodeBuku(buku2.getKdBuku());
            anggota1.daftarBuku();
    }

}

Berikut ini adalah hasil programnya ketika di running :

 


Dari hasil di atas, dapat dilihat bahwa Kode Anggota : 2009-51-108, dapat meminjam buku lebih dari satu, yaitu : buku dengan kode B001 Dan kode B005



Referensi
OOAD & PEMODELAN FUNGSIONAL, Umi Laili Yuhana, S.Kom, M.Sc, PROGRAM S1 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI  (FTIf) - INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (ITS)
OBJECT ORIENTED DESIGN WITH JAVA AND UML, K. BARCLAY, J. SAVAGE

Nama Kelompok :
Anna Ayu Safitri (2009 51 108)
Dwi Harjaningrum (2009 51 125
 
 

 

0 komentar:

Posting Komentar