OOAD adalah Metode pengembangan sistem yang lebih
menekankan pada objek dibandingkan dengan data atau
proses.
OOAD terbagi menjadi 2 yaitu : OOA dan OOD
OOA adalah Metode analisis yang memeriksa
requirement (syarat/keperluan yang harus dipenuhi sebuah sistem) dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek yang ditemui dalam ruang lingkup perusahaan.
Tahapan OOA :
1.Menganalisis masalah
2.Menjelaskan proses
yang terjadi dalam sistem
3.Identifikasi obyek
4.Menentukan atribut
5.Mendefinisikan
operasi
OOD adalah Sebuah metode mendesain yang mencakup proses pendekomposisisan objek dan digambarkan dalam notasi sehingga bisa menggambarkan static (class diagram) dan dynamic(statechart
diagram) model sistem.
OOD memungkinkan software engineer untuk mengetahui object-object yang dihasilkan oleh tiap class dan hubungan antar object. Selain itu, OOD menggambarkan bagaimana hubungan antar object bisa dilakukan, bagaimana behavior dari object diimplementasikan dan bagaimana komunikasi antar object diimplementasikan.
Konsep dasar OOAD :
1. Objek (Object) adalah benda yang secara fisik dan konseptual yang ada disekitar kita.
2. Kelas (Class) adalah definisi umum dari himpunan objek yang sejenis. Kelas menetapkan spesifikasi perilaku(behaviour) dan atribut-atribut dari objek tersebut. Class adalah abstraksi dari entitas dunia nyata.
3. Kotak hitam (black Box) adalah dasar dari implementasi objek. Dalam operasi
OO, hanya para developer yang dapat memahami detail dari proses-proses yang ada dalam kotak hitam, sedangkan para user tidak mengetahui.
4. Asosiasi dan Agregasi
Asosiasi adalah hubungan yang mempunyai makna antara sejumlah objek. Asosiasi digambarkan dengan sebuah garis penghubung di antara objeknya. Agregasi adalah bentuk khusus sebuah asosiasi yang menggambarkan seluruh bagian pada suatu objek merupakan bagian dari objek yang lain.
5. Pewarisan (Inheritance)
Pewarisan adalah suatu cara kerja yang menyatakan kesamaan diantara kelas-kelas, penyederhanaan definisi kelas yang mirip ke suatu definisi yang
telah ada sebelumnya.
Pewarisan terdiri dari generalisasi dan spesialisasi.
berikut ini adalah contoh kasus OOAD pada perpustakaan :
1. usecase diagram sistem informasi perpustakaan
2. class diagram sistem informasi perpustakaan
3. statechart diagram sistem informasi perpustakaan
Pemodelan
OOAD dengan JAVA (NetBeans IDE 6.9.1)
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang dibuat
berdasarkan kemampuan-kemampuan terbaik bahasa pemrograman objek sebelumnya
(C++, Ada, Simula).
Contoh Asosiasi dengan JAVA
Berikut ini adalah penerapaan asosiasi pada
JAVA, yaitu hubungan antara anggota dengan buku, yaitu hubungan asosiasi one to
many.
Kelas yang dibutuhkan antara lain :
1.
Kelas Anggota
2.
Kelas Buku
3.
Kelas Pinjam
Berikut ini adalah source code dari
masing-masing kelas:
1.
Kelas Anggota
package pinjambuku;
public class anggota {
private String KdAnggota;
protected String[] KodeBuku=new String[2];
protected String[] JudulBuku=new String[2];
private int jmlBuku=0;
public anggota(String kode){
this.KdAnggota=kode;
}
public void setKdAnggota (String KdAnggota) {
this.KdAnggota = KdAnggota;
}
public void setKodeBuku (String KdBuku) {
KodeBuku[jmlBuku]=KdBuku;
jmlBuku++;
}
public void setJudulBuku (String JdlBuku) {
KodeBuku[jmlBuku]=JdlBuku;
jmlBuku++;
}
public int getJmlBuku () {
return this.jmlBuku;
}
public String getKdAnggota () {
return this.KdAnggota;
}
public void daftarBuku() {
System.out.println("Kode
Anggota : " +KdAnggota);
System.out.println("Daftar
Buku Yang Dipinjam : ");
for (int
i=0;i<jmlBuku;i++){
System.out.println(KodeBuku[i]);
}
}
}
2.
Kelas Buku
package pinjambuku;
public class buku {
private String KdBuku;
private String JdlBuku;
public buku (String KdBuku , String
JdlBuku){
this.KdBuku=KdBuku;
this.JdlBuku=JdlBuku;
}
public void setKdBuku (String KdBuku){
this.KdBuku=KdBuku;
}
public void setJdlBuku (String JdlBuku){
this.JdlBuku=JdlBuku;
}
public String getKdBuku() {
return this.KdBuku;
}
public String getJdlBuku() {
return this.JdlBuku;
}
}
3.
Kelas Pinjam
package pinjambuku;
public class pinjam {
public static void
main(String[] args) {
buku buku1 = new
buku("B001","Pengantar Teknologi Informasi");
buku buku2 = new
buku("B005","Pemrograman Berorientasi Objek");
anggota anggota1 = new
anggota("2009-51-100");
anggota1.setKodeBuku(buku1.getKdBuku());
anggota1.setKodeBuku(buku2.getKdBuku());
anggota1.daftarBuku();
}
}
Berikut ini adalah hasil
programnya ketika di running :
Dari hasil di atas, dapat dilihat bahwa Kode
Anggota : 2009-51-108, dapat meminjam buku lebih dari satu, yaitu : buku dengan
kode B001 Dan kode B005
Referensi
OOAD & PEMODELAN FUNGSIONAL, Umi Laili
Yuhana, S.Kom, M.Sc, PROGRAM S1 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS
TEKNOLOGI INFORMASI (FTIf) - INSTITUT
TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (ITS)
OBJECT ORIENTED DESIGN WITH JAVA AND UML, K.
BARCLAY, J. SAVAGE
Nama Kelompok :
Anna Ayu Safitri (2009 51 108)
Dwi Harjaningrum (2009 51 125)
0 komentar:
Posting Komentar