Senin, 25 Juni 2012 - , 0 komentar

JAVA SWING KELOMPOK 6_MANIS(Maria Nury S.Qory)

JAVA SWING

 
2.1              Pengertian Java Swing
Java Swing merupakan sekumpulan kelas-kelas yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi baerbasis GUI. Java swing merupakan versi peningkatan dari AWT(Abstract Window Toolkit) 
2.1              Konsep Dasar Java
Java   Foundation   Class   (JFC)  merupakan   sekumpulan   class-class Java   yang   digunakan   untuk   mengembangkan   perangkat   lunak berbasis   GUI   (Graphical   User   Interface).   Selain   itu,   JFC   juga mempunyai   class-class   yang     digunakan   untuk   menambahkan fungsi  dan kemampuan  interaksi  yang variatif  dari  pemrograman Java.  Dari  definisi   ini,  JFC tidak hanya berisi  class-class GUI saja tetapi   juga class-class  lain yang dapat  meningkatkan kemampuan pemrograman  Java baik dari  segi   fungsionalitasnya maupun dari segi kemampuan interaksi pemrograman Java yang sangat kaya.
Pada   umumnya   aplikasi   yang   dikembangkan   dengan   Swing mempunyai   kode   yang   sangat   'kotor',   dimana   kode   yang   berisi pengendalian   terhadap   event   komponen   swing   bercampur   aduk dengan   kode   yang   berisi   aturan   bisnis   dan   kode   yang   berisi manipulasi terhadap data.
Swing   API   sangat   bagus   dan   lengkap,   Java   6.0   menyertakan setidaknya  tujuh belas  (17)  buah package yang berisi  class-class swing yang siap digunakan. 
2.1              Komponen Dasar Java Swing
Secara arsitektur, Swing dibangun diatas arsitektur AWT (Abstract Windows Toolkit). AWT adalah GUI toolkit yang dikembangkan oleh Sun engineer sebelum swing muncul. Kelemahan utama AWT adalah fleksibilitas tampilan GUI, seperti painting method yang masih sangat primitif. Swing dimaksudkan untuk memperbaiki kekurangan dari AWT tanpa harus membuang teknologi yang sudah dibuat dan membuat GUI toolkit baru dari nol. Swing muncul dengan membawa teknologi AWT yang telah ditambahkan dengan banyak kemampuan. Hampir semua komponen GUI dari swing merupakan turunan class Container dan class Container adalah turunan dari class Component.
1)        BEKERJA DENGAN JLABEL, JTEXTFIELD DAN JBUTTON
  Jlabel digunakan untuk menampilkan label (tulisan),
  JTextField digunakan untuk menerima input teks
  JButton digunakan untuk menampilkan tombol
Label, textfield dan tombol adalah komponen-komponen dasar yang selalu ada dalam setiap aplikasi berbasis desktop. Ketiga komponen ini mempunyai fungsi yang sangat sederhana, textfield menyimpan data berbentuk text (string) yang relatif pendek , label banyak digunakan untuk memberikan keterangan penjelas terhadap komponen lain dan tombol digunakan user untuk menjalankan satu instruksi tertentu.
 
1)        BEKERJA DENGAN JCHECKBOX DAN JRADIOBUTTON
JCheckBox dan JRadioButton hanya bisa mempunyai dua buah kemungkinan nilai, benar atau salah. Kedua komponen ini digunakan untuk merepresentasikan data yang berupa pilihan. JCheckBox digunakan jika pilihanya berupa multiple selection, sedangkan JRadioButton digunakan jika pilihanya berupa single selection.
                                
Ò JCheckBox digunakan untuk menerima masukan yang diperbolehkan memilih lebih dari satu jawaban
Ò JRadioButton digunakan untuk menerima satu masukan dari banyaknya pilihan yang ada
Status dari JRadioButton dan JCheckBox dapat diketahui dengan melihat nilai kembalian dari method isSelected, jika dipilih maka nilai kembalian method isSelected adalah benar, dan false jika sebaliknya. Setiap JRadioButton dan JCheckBox mempunyai text yang menerangkan pilihan yang diwakilinya. Method getText dan setText digunakan untuk memanipulasi text.
2)        BEKERJA DENGAN JLIST DAN JCOMBOBOX
JComboBox memerlukan tempat yang minimalis dibandingkan dengan JRadioButton, selain itu JComboBox mempunyai bentuk ComboBox yang dapat diedit, sehingga memungkinkan user untuk memilih pilihan yang tidak ada dalam item JComboBox. JList memungkinkan multiple selection dengan menekan tombol : SHIFT + Left Click atau CTRL + Left Click. Kemampuan ini membantu user jika harus melakukan multiple selection.
3)        BEKERJA DENGAN MENU, POPUP MENU DAN TOOLBAR
·      JPopupMenu mempunyai banyak kesamaan dibandingkan dengan JMenuBar. Perbedaan utamanya adalah : JMenuBar hanya bisa berada di atas sebuah jendela JFrame. Sedangkan JPopupMenu bisa muncul di mana saja sesuai dengan konteks dari aplikasi.
·      Toolbar memberikan cara yang lebih praktis dibandingkan menu,bahkan bisa dikatakan bahwa toolbar adalah cara cepat untuk mengakses menu. Oleh karena itu, setiap item dalam toolbarbiasanya juga tersedia dalam menu. Pada umumnya toolbar diwakili hanya dengan gambar/icon yang melambangkan perintah dari toolbarnya. Di internet banyak tersedia toolbar icon gratis yang dapat kita gunakan.
·      JMenuBar adalah class yang digunakan untuk menampung JMenu. JMenu dapat menampung satu atau lebih JMenuItem. JMenuItem merupakan bagian terluar dari struktur menu yang tidak bisa mempunyai child. Selain JMenuItem, JMenu juga dapat menerima class JCheckBoxMenuItem dan JRadioButtonMenuItem.
4) Membuat pre-defined dialog dengan JOptionPane
JOptionPane menyediakan beberapa dialog yang siap pakai dan sering digunakan dalam aplikasi. JOptionPane sangat memudahkan kita dalam meminta user suatu input tertentu atau memberitahu user apa yang terjadi dalam aplikasi.







0 komentar:

Posting Komentar